Minggu, 22 Februari 2015

Prosedur Buat SIM C di Bantul



Membuat SIM C di Polres Bantul

  
            Pembuatan  SIM  biasanya dinilai sangat rumit karena prosesnya yang begitu panjang dan lama, tetapi itu hanyalah anggapan yang belum pas. Karena lama dan rumitnya pembuatan SIM itu bergantung kepada kita. Jika kita bisa melewati tes-tes dan syarat-syaratnya sudah lengkap maka hanya dalam hitungan hari SIM pun dapat terbit.

Anda bisa lihat daluhu cuplikan video berikut untuk prosedur atau tata cara pembuatan SIM . 





Baik saya akan langsung memberikan tata cara pembuatan SIM C di Polres Bantul.
  1. Siapkan syarat-syarat pembuatan SIM C , yaitu : 
o   Fotokopi KTP 1 lembar (untuk jaga-jaga bawa 2 lembar )
o   Surat keterangan sehat dari dokter  (Untuk Surat Keterangan ini saya sarankan mintanya di Puskesmas terdekat aja..., karena jika mintanya di dokter praktek dekat Polres Bantul harus bayar Rp 25.000. Kalau di puskesmas paling tidak akan sampai segitu bahkan GRATIS..., kan lumayan bisa buat beli bensin).
o   Uang Rp 100.000 untuk beli  formulir.


2.      Lalu di Polres Bantul, Anda langsung saja masuk ke mini bank (tempatnya menghadap  ke Utara nanti ada tulisannya BANK BRI / BCA saya  lupa...) yang ada di Polres Bantul dan taruh fotokopi KTP beserta Surat keterangan sehat tadi (dijadika satu atau distaples agar tidak lepas) dikotak yang tersedia lalu Anda langsung keluar dan tunggu di ruang tunggu di depannya. Nanti nama Anda akan dipanggil dan anda akan diminta membayar Rp 100.000 untuk membeli formulir.

3.      Setelah formulir tersebut Anda dapatkan, lalu isi dengan data  yang sesuai di KTP  Anda. Jika Anda kesulitan mengisinya jangan malu untuk bertanya kepada orang lain atau ada bisa lihat contoh formulir yang sudah diisi di meja kaca sebelah kiri ruang tunggu tadi. Anda bisa menirunya tetapi dengan data anda. INGAT pada formulir tersebut ada form / bagan yang tidak boleh anda isi.  LIHAT AJA di MEJA yang tadi saya katakan  di atas.

4.      Jika formulir sudah selesai diisi lalu dimasukan ke LOKET 1 dan tunggu di ruang tunggu di depan LOKET 1.

5.      Nanti anda akan dipanggil lalu diberi selembar kertas kecil untuk melakukan langkah-langkah pembuatan SIM, tetapi setelah diberi kertas tersebut Anda harus sabar, karena langkah-langkah yang tercantum di kertas tadi baru akan dilaksanakan sehari setelahnya. Jika saya kemarin mengamati setelah pembuat maupun perpanjang SIM menerima kertas tersebut, maka petugas yang menyerahkan kepada anda akan bilang “ Besok (sabtu,dll) kesini lagi ya... antara jam 9 sampai 10 pagi lalu ke bagian foto dan rekap data ” berarti setelah mendapatkan kertas tsb Anda langsung pulang atau cabut saja karena untuk hari pertama sudah selesai prosesnya.

Langkah yang tercantum pada kertas tersebut :
                                i.   Foto
                              ii.   Tes Teori
                            iii.   Tes Praktik I
                            iv.   Tes Praktik II
                              v.   Pencetakan SIM

6.      Hari berikutnya Anda kembali dan langsung menuju ruang tunggu di depan tempat pengambilan foto dan rekap data  jika belum tahu tempatnya silahkan tanya kepada petugas atau orang lain.

7.      Nanti petugasnya akan memanggil nomor antrian pada kertas yang Anda pegang. Didalam ruangan tersebut anda akan diambil fotonya dan sidik jarinya serta memverivikasi data Anda apakah sudah tepat atau belum.

8.      Lalu selanjutnya Anda menuju ruang ujian teori . Tunggu di depan runangan tersebut hingga petugasnya memanggil nomor antrian Anda. Di dalam tempat ini Anda disuruh menjawab 30 soal tentang peraturan berlalu lintas dan Anda minimal harus benar 22 nomor,  jika tidak maka Anda harus mengulangnya dilain hari atau sesuai intruksi petugas.

9.      Jika anda lulus ujian teori, lalu Anda menuju tempat praktiknya (berada disebelah barat Polres Bantul tepatnya di barat jalan ). Tetapi sebelumnya harus Anda pastikan kendaraan anda lengkap dan standar jika tidak maka seperti saya anda akan disuruh ganti motor serta baru boleh mengikuti Ujian praktik hari berikutnya. Disini anda harus melakukan JALAN LURUS, ZIG-ZAG, MEMBUAT ANGKA 8, dan MEMBUAT HURUF U. Jangan berfikir sulit, nanti Anda akan diberi pengarahan dan contohnya terlebih dahulu dari petugas tentang peraturan-peraturannya. 

Ini adalah cuplikan Ujian Praktik membuat SIM C 

10.  Jika Anda lulus maka langkah berikutnya, motor anda akan dicek kelengkapannya (lampu sein harus normal semua, spion, lampu rem, dll).  Jika dalam langkah ke 9 dan 10 ini Anda ada yang gagal maka anda harus mengulanginya lagi dihari berikutnya atau sesuai intruksi dari petugas.

11.  Jika lulus tes ini maka Anda akan diminta mengelilingi lapangan disebelah utara  tempat tersebut sebanyak 3 kali  dan diminta untuk memperhatikan rambu-rambu yang ada serta anda nanti akan ditanya oleh petugas apa maksud rambu-rambu tersebut.

12.  Jika sudah maka anda langsung menuju ruang tunggu LOKET 2 yang ada di Polres Bantul dan tunggu beberapa jam. Maka nama Anda akan dipanggil dan SIM anda telah selesai dicetak. Tetapi cek kembali kebenaran data Snda pada SIM tersebut,  jika sudah maka Anda dapat kembali pulang atau kemana.. terserahlah karena Anda sudan punya SIM hehehe.....

13.  SELESAI.

TAMBAHAN INFO :

Ø  Untuk di Polres bantul hanya dapat melanyani total 200 pemohon pembuatan SIM dan perpanjangan SIM per harinya.

Ø  Jika anda gagal dalam tes berkali-kali maks. 3 kali di setiap TES maka berkas Anda akan dicabut dan uang Rp 100.000 tadi akan dikembalikan kepada Anda dan Anda boleh mengajukan pembuatan SIM setelah 3- 6 bulan lagi atau sesuai intruksi petugas.

Ø  Jangan coba-coba membuat SIM melalui CALO yang ada disana karena anda akan rugi banyak dari Rp 100.000 anda harus membayar kepada calo ± Rp 350.000.  Padahal langkah-langkahnya mudah untuk dilalukan kenapa tidak dicoba ??? 


 SEMOGA BERMANFAAT 
TERIMA KASIH.



Sumber Video : Youtube.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar